Usaha-usaha guru dalam membelajarkan siswa merupakan bagian yang
sangat penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran yang sudah
direncanakan. Oleh karena itu, pemilihan berbagai metode, strategi, pendekatan,
serta teknik pembelajaran merupakan suatu hal yang utama.
Model pembelajaran
kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya
kelompok-kelompok. Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat
kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang, dan rendah) dan jika memungkinkan
anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta
memperhatikan kesetaraan gender. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan
kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan
dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan model
pembelajaran kooperatif adalah hasil belajar akademik siswa meningkan dan siswa
dapat menerima berbagai keragaman dari temannya, serta pengembangan
keterampilan sosial. Cooperative learning adalah solusi ideal terhadap masalah
menyediakan kesempatan berinteraksi secara kooperatif dan tidak dangkal kepada
para siswa dari latar belakang etnik yang berbeda.
Sumber: Hosnan, M. 2014. Pendekatan
Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia
Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar