Kamis, 29 Desember 2016

Menetapkan Target Hasil Pembelajaran



Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Dalam kegiatan belajar yang terprogram dan terkontrol yang disebut kegiatan pembelajaran atau kegiatan instruksional, tujuan belajar telah ditetapkan terlebih dahulu oleh guru, anak yang berhasil dalam belajar adalah anak yang berhasil mencapai tujuan-tujuan pembelajaran atau tujuan-tujuan instruksional. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi dua faktor utama, yakni dari lingkungan dan faktor yang datang dari diri siswa, terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai, seperti yang dikemukakan oleh Clark bahwa hasil belajar disekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% oleh lingkungan.
            Hasil belajar merupakan perubahan perilaku baik peningkatan pengetahuan perbaikan sikap, maupun peningkatan keterampilan yang dialami siswa setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar sering disebut juga dengan prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari berbuatan belajar, karena belajar merupakan suatu perubahan sikap dan tingkah laku seseorang berdasarkan pengalamannya.
            Hasil belajar memiliki pengertian yang cukup luas. Hasil belajar yang tergolong pentimg adalah peningkatan kompetensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) pada objek yang dipelajari, motivasi berprestasi, rasa percaya diri, dan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di masyarakat. Hasil belajar ada yang dapat diukur langsung dan ada yang baru muncul dampaknya setelah beberapa lama berlalu.

Sumber: Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar