Pendidikan Inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di
sekolah-sekolah terdekat
di kelas biasa bersama teman-teman seusianya (Sapon-Shevin dalam O’Neil 1994). Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif adalah sekolah yang menampung semua
murid di kelas yang sama. Sekolah ini
menyediakan program pendidikan yang layak,
menantang, tetapi disesuaikan dengan kemampuan
da kebutuhan setiap murid maupun
bantuan dan dukungan yang dapat diberikan oleh
para guru, agar anak-anak berhasil (Stainback,
1980) . Sekolah inklusif merupakan perkembangan baru dari
pendidikan terpadu. Pada sekolah inklusif setiap anak sesuai dengan kebutuhan
khususnya, semua diusahakan dapat dilayani secara optimal dengan melakukan
berbagai modifikasi dan atau penyesuaian, mulai dari kurikulum, sarana dan
prasarana, tenaga pendidikan dan kependidikan,system pembelajaran sampai pada
sistem penilaiannya.
Istilah pendidikan inklusi atau inklusif, mulai mengemuka semenjak tahun 1990,
ketika konferensi dunia tentang pendidikan
untuk semua, yang diteruskan dengan
pernyataan salamanca tentang pendidikan
inklusif pada tahun 1994. Konsep
pendidikan inklusi muncul dimaksudkan untuk memberi solusi, adanya perlakuan
diskriminatif dalam layanan pendidikan terutama bagi anak-anak penyandang cacat
atau anak-anak yang berkebutuhan khusus .
Pendidikan inklusi memiliki prinsip
dasar bahwa selama memungkinkan, semua anak seyogyanya belajar bersama-sama
tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka Pendidikan
inklusi adalah pendidikan yang menyertakan semua anak secara bersama- sama
dalam suatu iklim dan proses pembelajaran dengan layanan pendidikan yang layak
dan sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik tanpa membeda- bedakan anak
yang berasal dari latar suku, kondisi sosial, kemampuan ekonomi, politik,
keluarga, bahasa, geografis (keterpencilan) tempat tinggal, jenis kelamin,
agama, dan perbedaan kondisi fisik atau mental Sementara itu Sapon-Shevin (
O Neil, 1995 ) menyatakan bahwa pendidikan inklusi sebagai sistem layanan
pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkelainan dilayani di
sekolah-sekolah terdekat. Melalui pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus
di didik bersama-sama anak lainnya ( normal ) untuk mengoptimalkan potensi yang
dimilikinya ( Freiberg, 1995 ) . hal ini dilandasi oleh suatu kenyataan bahwa
di dalam masyarakat terdapat anak normal dan anak tidak normal ( berkebutuhan
khusus ) yang tidak dapat dipisahkan sebagai suatu komunitas social Dalam
rencana aksi nasional, difabel telahdicanangkan mulai tahun 2003, yang salah
satu butir dari rencana aksi nasional difabel adalah pendidikan inklusi.
Yang dimaksud dengan pendidikan inklusi atau inklusif adalah pendidikan yang dapat dijangkau oleh
semua orang dan
tanggap terhadap semua peserta didik termasuk difabel secara invidual. Anak
berkebutuhan khusus (Inklusi) menurut Heward adalah anak dengan karakteristik
khusus yang berbeda dengan anak pada umunya tanpa selalu menunjukkan pada
ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, Anak inklusi memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus
yang disesuaikan dengan kemampuan dan
potensi mereka.
makasih ya mbak fifi :)
BalasHapusmemang akan sangat baik jika kita bisa memberikan hak mereka untuk belajar bersama teman teman mereka, sangat bagus dengan penekanan "jika memungkinkan"
BalasHapusSangat setuju dengan pendidikan inklusif ini
BalasHapusTerimakasih atas sharing pengetahuannya.
BalasHapusSalam sukses selalu!