Senin, 05 Desember 2016

Strategi Pengelolaan Kelas yang Efektif



Kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal pokok, yaitu mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan siswa mencapai tujuan, seperti menelaah kebutuhan siswa, menyusun rencana pelejaran, menyajikan bahan pelajaran, kepada siswa, mengajukan pertanyaan kepada siswa, menilai kemajuan siswa adalah contoh-contoh kegiatan mengajar. Kegiatan mengelola kelas bermaksud menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan mengajar itu dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Memebri ganjaran dengan segera, mengembangkan hubungan yang baik antara guru dan siswa, mengembangkan aturan permainan dalam kegiatan kelompok adalah contoh-contoh kegiatan mengelola kelas.
            Pentingnya pengelolaan kelas guna menciptakan suasana kelas yang kondusif demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengelolaan kelas menjadi tugas dan tanggung jawab guru dengan memberdayakan segala potensi yang ada dalam kelas demi kelangsungan proses pembelajaran. Hal ini berarti setiap guru dituntut secara professional mengelola kelas sehingga terciptanya suasana kelas yang kondusif guna menunjang proses pembelajaran yang optimal menuntut kemampuan guru untuk mengetahui, memahami, memilih dan menerapkan pendekatan yang dinilai efektif menciptakan suasana kelas yang kondusif.
            Tujuan pengelolaan kelas adalah menyediakan fasilitas bagi macam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja. Terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada siswa.
            Jadi, pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan kondisi di dalam kelompok kelas yang berupa lingkungan kelas yang baik, yang memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya. kemudian, dengan pengelolaan kelas, produknya harus sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dan agar setiap anak dikelas dapat bekerja dengan tertib, sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien serta agar setia guru mampu menguasai kelas dengan menggunakan berbagai macam pendekatan dengan menyesuaikan permasalahan yang ada sehingga tercipta suasana yang kondusif, efektif dan efisien.
            Strategi pengelolaan kelas yang efekti dapat dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya:

  1. Teknik mendekati. 
  2. Teknik memberikan isyarat. 
  3. Teknik mengadakan humor. 
  4. Teknik tidak mengacuhkan. 
  5. Teknik yang keras. 
  6.  Teknik mengadakan diskusi secara terbuka. 
  7. Teknik memberikan penjelasan tentang prosedur. 
  8. Mengadakan analisis. 
  9. Mengadakan perubahan kegiatan. 
  10. Teknik menghimbau.

Jadi, pengelolaan kelas adalah berbagai jenis kegiatan yang dengan sengaja dilakukan  oleh guru dengan tujuan menciptakan kondisi optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar dikelas. Pengelolaan kelas sangat berkaitang dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar, dengan cara penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian dikelas, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, penetapan norma kelompok yang produktif, di dalamya mencakup pengaturan orang (peserta didik) dan fasilitas yang ada.

Daftar Pustaka
Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar