Kamis, 29 Desember 2016

Strategi Pembelajaran Tidak Langsung



Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung, tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap. Berbeda dengan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang dilakukan dalam proses pembelajaran langsung oleh mata pelajaran tertentu, pengembangan sikap sebagai proses pengembangan moral dan perilaku dilakukan oleh seluruh mata pelajaran dan dalam setiap kegiatan yang terjadi di kelas, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran kurikulum 2013, semua kegiatan yang terjadi selama belajar di sekolah dan diluar dalam kegiatan kruikuler dan ekstrakurikuler terjadi proses pembelajaran untuk mengambangkan moral dan perilaku yang terkait dengan sikap.
            Dalam pembeljaran tidak langsung, peran guru beralih dari penceramah menjadi fasilitator; pendukung, sumber personal (resource person). Guru merancang lingkungan belajar, memberikan umpan balik kepada siswa ketika melakukan inquiry. Strategi pembelajaran tidak langsung mensyaratkan digunakannya bahan-bahan cetak dan non cetak, dan sumber-sumber manusia.

Sumber: Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar