Kamis, 29 Desember 2016

Memahami Pengertian Pembelajaran Aktif



Pada hakikatnya, proses pembelajaran yang efektif, menurut Popham dan Baker (1992), terjadi jika guru dapat mengubah kemampuan dan persepsi siswa dari yang sulit mempelajari sesuatu menjadi mudah mempelajarinya. Lebih jauh, mereka menjelaskan bahwa proses belajar dan mengajar yang efektif sangat tergantung pada pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran, untuk dapat memaksimalkan pembelajaran yang efektif. Sementara itu, pembelajaran yang efektif juga memerlukan efisiensi. Oleh McWhorter (1992: 2), efisiensi di definisikan sebagai kemampuan untuk menunjukkan sesuatu dengan sedikit usaha, biaya dan pengeluaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Efisiensi mencakup penggunaan waktu dan sumber daya secara efektif untuk menyelesaikan tugas tertentu.
            Berdasarkan penjelasan diatas, terdapat dua hal utama yang diperlukan untuk mencapai proses belajar mengajar yang efektif. Pertama, harus ada kegiatan analisis kebutuhan belajar siswa. Maksud dari kebutuhan siswa adalah bagaimana menganalisis hubungan antara kemampuan dan harapan siswa dari proses pembelajarannya. Kedua, harus ada gambaran seperti apa sistem ujian yang dipakai. Dengan demikian, pembelajaran yang efektif harus mempunyai syarat kesesuaian antara kebutuhan belajar siswa dan sistem ujian. Dari sisi lain, keberhasilan pembelajaran tidak terlepas juga dari strategi serta keberhasilan pengelolaan kelas yang dirancang oleh bapak dan ibu guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Sumber: Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar