Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari
serangakaian kendaraan yang di dorongsepanjang jalur kereta api untuk
mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang yang
terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Meskipun propulsi historis
mesin uap mendominasi, bentuk-bentuk modern yang paling umum adalah mesin
diesel dan listrik lokomotif, yang disediakan oleh kabel overhead atau rel
tambahan. Sumber energy lain termasuk kuda, tali atau kawat, gravitasi,
pneumatic, baterai dan turbin gas. Rel kereta api biasanya terdiri dari dua,
tiga atau empat rel, dengan sejumlah monorel dan guideways maglev dalam
campuran. Ada berbagai jenis kereta api yang dirancang untuk tujuan tertentu.
Kereta api bisa terdiri dari kombinasi satu atau lebih dari lokomotif dan
gerbong kereta terpasang, atau beberapa unit yang digerakkan sendiri. Kereta
pertama dengan bentuk ditarik menggunakan tali, gravitasi bertenaga atau
ditarik oleh kuda. Dari awal abad ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif
uap. Tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh lokomotif
diesel dan lokomotif listrik.
Sejarah
perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali
dengan penemuan roda. Mulanya dikenal dengan kereta kuda yang hanya terdiri
dari satu kereta (rangkaian), kemudia dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih
dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi
(rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan
temapt terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda. Setelah
James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga
berbahan bakar uap, orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian
Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan
memanfaatkannya pada pertunjukkan di depan masyarakat umum. George Stephenson
menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan
digunakan di jalur Liverpool-Manchester.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar