Guru memiliki kemampuan untuk mengelola kelas sesuai dengan tujuan
pembelajaran dan bahan ajar/materi pelajaran yang diberikan. Pengelolaan kelas
yang bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan akan membawa proses pembelajaran
yang tidak bersifat monoton, satu arah, dan kering. Sebaliknya, siswa
dihadapkan pada kegiatan belajar mengajar yang lebih menantang, menarik, dan
tidak membosankan.
Menejemen elas
merupakan kegiatan yang kompleks. Guru membutuhkan banyak pertimbangan untuk
membuat keputusan pada saat terjadi permasalahan pembelajaran dikelas. Seperti
kondisi kelas yang kurang nyaman, buku referensi masih kurang, media yang
seharusnya disediakan kurang tersedia, dan lain-lain. Menejemen kelas menuntut guru
untuk memmnafaatkan semua sumber daya manusia, fasilitas, dana, alam/lingkungan
sekolahseoptimal mungkin melalui kerja sama dengan peserta didik untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Permasalahan yang dapat diantisipasi dengan manajemen yang
baik sejak awal. Objek manajemen kelas meliputi lingkungan belajar (sarana dan
prasarana pembelajaran), materi pembelajaran, siswa yang belajar.
Pengelolaankelas
adalah upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan kelas dengan
mengoptimalisasikan berbagai sumber (potensi yang ada pada diri guru, sarana
dan lingkungan belajar dikelas) yang ditujukan agar proses belajar mengajar
dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang ingin dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar