Kamis, 29 Desember 2016

Pengelolaan/Manajemen Kelas



Guru memiliki kemampuan untuk mengelola kelas sesuai dengan tujuan pembelajaran dan bahan ajar/materi pelajaran yang diberikan. Pengelolaan kelas yang bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan akan membawa proses pembelajaran yang tidak bersifat monoton, satu arah, dan kering. Sebaliknya, siswa dihadapkan pada kegiatan belajar mengajar yang lebih menantang, menarik, dan tidak membosankan.
            Menejemen elas merupakan kegiatan yang kompleks. Guru membutuhkan banyak pertimbangan untuk membuat keputusan pada saat terjadi permasalahan pembelajaran dikelas. Seperti kondisi kelas yang kurang nyaman, buku referensi masih kurang, media yang seharusnya disediakan kurang tersedia, dan lain-lain. Menejemen kelas menuntut guru untuk memmnafaatkan semua sumber daya manusia, fasilitas, dana, alam/lingkungan sekolahseoptimal mungkin melalui kerja sama dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang dapat diantisipasi dengan manajemen yang baik sejak awal. Objek manajemen kelas meliputi lingkungan belajar (sarana dan prasarana pembelajaran), materi pembelajaran, siswa yang belajar.
            Pengelolaankelas adalah upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan kelas dengan mengoptimalisasikan berbagai sumber (potensi yang ada pada diri guru, sarana dan lingkungan belajar dikelas) yang ditujukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang ingin dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar