Gadget
adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat
eletronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget
disebut sebagai “acing”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat
elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya dari hari ke hari gadget
selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia
menjadi lebih praktis.
Di
zaman yang sangat modern pada saat ini perkembangan teknologi terus berkembang.
Karena perkemangan teknologi akan berjalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan
yang semakin tinggi. Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi
kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memberikan nilai
yang positif. Namun demikian, walaupun pada awlanya diciptakan untuk
menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk
hal negatif.
Tablet
dan smartphone ialah gadget yang paling banyak digunakan saat ini karena ukurannya
yang kecil, mudah dibawa kemana-mana sehingga orang menganggapnya lebih praktis.
Sekarang tidak hanya kalangan atas
saja yang dapat memiliki smartphone. Namun kalangan menengah juga sudah dapat
memiliki sebuat smartphone karena semakin bersaingnya di pasaran untuk membuat
harga gadget semakin ekonomis. Karena itu banyak produk-produk baru yang
menawarkan gadget dengan harga yang cukup murah. Karena itulah sekarang orang
dengan mudah untuk memiliki sebuah gadget. Tak heran juga permainan yang dimainkan
anak zaman sekarang berbeda dengan dulunya.
Dampak pengaruh gadget pada perkembangan anak sangat banyak.
Dampak yang diberikan dari segi pendidikan di Indonesia terbagi dua yaitu,
dampak postitif dan dampak negatif.
A. Dampak Positif
·
Menambah pengetahuan
Dengan
menggunakan gadget yang berteknologi canggih, anak-anak dengan mudah dan cepat
untuk mendapatan informasi mengenai tugasnya disekolah. Misalnya kita ingin
browsing internet dimana saja dan kapan saja yang ingin kita ketahui. Dengan
demikian dari internet kita bias menambah ilmu pengetahuan
·
Memperluas jaringan persahabatan
Gadget
dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat
bergabung ke sosial media. Jadi, kita dapat dengan mudah untuk berbagi bersama
teman kita.
·
Mempermudah komunikasi
Gadget
merupakan salah satu alat yang memiliki teknologi yang canggih. Jadi semua
orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan oranglain dari seluruh penjuru
dunia.
B. Dampak Negatif
·
Mengganggu kesehatan
Gadget
dapat menggangu kesehatan manusia karena efek radiasi dari teknologi sangat
berbahaya bagi kesehatan manusia terutama pada anak-anak yang berusia 12 tahun
kebawah. Efek radiasi yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit kanker.
·
Dapat mengganggu perembangan anak
Gadget
memiliki fitur-fitur yang canggih seperti kamera, video, games dan lain-lain.
Fitur itu semua dapat mengganggu proses pembelajaran disekolah. Misalnya ketika
guru menerangkan pelajaran di depan salah satu siswa bermain gadgetnya di
belakang atau bias juga dipergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak
baik.
·
Dapat mempengaruhi perilaku anak
Dengan
kecanggihan yang diberikan oleh gadget. Maka anak-anak dapat dengan mudah
mendownload video-video yang bukan tontonannya.
·
Rawan terhadap tindak kejahatan
Setiap
orang pasti ada yang memiliki sifat update dimana saja. Jadi orang ingin
berbuat kejahatan dengan mudah mencarinya dari hasil updatenya yang boleh
dibilang terlalu sering.
Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, orangtua
harus memiliki peranan penting untuk menjaga anaknya dari pengaruh gadget.
Adapun cara-cara yang harus dilakukan oleh orangtua ialah sebagai berikut:
1. Membatasi Pemakaian Gadget
Berikan waktu-waktu yang tertentu
untuk anak-anak memainkan gadget. Jangan selalu berikan gadget kepada anak-anak
karena dapat mempengaruhinya.
2. Selalu Mengontrol Isi/Data-data di Dalam Gadget
Orangtua perlu mengontrol data-data
di dalam gadget anak. Minimal sekali dalam seminggu atau mengecheck nya
diam-diam.
3. Memberikan Hukuman Pada Anak
Berikan sanksi atau hukuman kepada anak apabila telah
terbukti melakukan kesalahan. Misalnya dengan menyita gadgetnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar