Minggu, 18 Desember 2016

Fungsi Filsafat Pendidikan Terhadap Ilmu Pendidikan



Pengetahuan yang merupakan produk kegiatan berpikir merupakan obor pencerahan peradaban dimana manusia menemukan dirinya dan menghayati hidup dengan lebih sempurna. Berbagai peralatan dikembangkan manusia untuk meningktkan kualitas hidupnya dengan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya. Proses penemuan dan penerapan itulah yang menghasilan kapak dan batu zaman dulu sampai komputer zaman  ini.Manusia tidak terlepas dari
jangkauan pikirannya yang mencirikan hakekat manusia dan berpikirlan dia menjadi manusia, dan selanjutnya. Ilmu pengetahuan berkembang dari rasaingin tahu, yang merupakan ciri khas manusia.
Ilmu pengetahuan merupakan upaya khusus manusia untuk menyingkapkan realitas, supaya memungkinkan manusia berkomunikasi satu sama lain, membangun dialog dengan mengakui yang lain, dan meningkatkan harkat kemanusiaannya. Oleh karenanya harkat kemanusiaan dapat terangkat jika mengkaji aspek-aspek yang bersifat ke-Ilahi-an, artinya tidak menyepelekan fakta agama atau sejarah para Nabi, oleh karenanya dalam mengkaji fakta Nabi Musa as., dan diterjemahkan oleh bangsa Barat khusunya Amerika Serikat yang notabenenya keturunan Yahudi. Dalam mengimplementasikan sejarah ini dengan wujud sebenarnya, dan mempergunakan metode Nabi Musa dalam membelah gunung, maka wujud nyata dari peristiwa agama dapat memberikan manfaat bagi manusia untuk kemanusiaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar