Hasil penelitian melalui metode analisis yang dilakukan oleh
Johnson dan Johnson (1984, dalam Nurhadi, 2003) menunjukkan adanya berbagai
keunggulan kooperatif learning, diantaranya sebagai berikut:
- Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial.
- Mengembangkan kegembiraan belajar yang sejati.
- Memungkinkan para siswa saling belajar mengenai sikap, keterampilan, informasi, perilaku sosial, dan pandangan.
- Memungkinkan terbentuk dan berkembangnya nilai-nilai sosial dan komitmen.
- Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial.
- Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois dan egosentris.
- Menghilangkan siswa dari penderitaan akibat kesendirian atau keterasingan.
- Dapat menjadi acuan bagi perkembangan kepribadian yang sehat dan terintegrasi.
- Membangun persahabatan yang dapat berlanjut hingga dewasa.
- Mencegah terjadinya gangguan kejiwaan.
- Mencegah terjadinya kenakalan dimasa remaja.
- Meningkatkan motivasi belajar.
Sumber: Hosnan, M. 2014. Pendekatan
Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia
Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar