Percaya diri merupakan perasaan positif yang dapat dijadikan modal
awal dalam suatu kehidupan, yang kan mendorong sukses tidaknya seseorng dalam
melakukan sesuatu. Demikian halnya dalam belajar dan pembelajarannya, rasa
percaya diri akan menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran dan memecahkan berbagai masalah yang di hadapinya di sekolah.
Percaya diri
merupakan sesuatu yang berkembang dan dinamis, bisa naik dan turun sesuai
dengan situasi, kondisi dan posisi kita saat itu. Hal penting yang harus
dilakukan adalah menjaganya, agar tetap berada dalam tingkat yang sehat dan
optimal. Perihalah rasa percaya diri dalam piiran dan perasaan, katakana bahwa
kita benar-benar siap untuk berkomunikasi dengan peserta didik, serta percaya
bahwa kita memiliki kepribadian yang prima dan berkharisma.
Sumber: Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar