Keunggulan suatu bangsa tidak hanya diukur dan tertumpu semata-mata
pada kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan dimiliki oleh suatu bangsa,
melainkan juga dilihat pada ketersediaan dan keunggulan sumber daya manusia
(SDM) yang berkualitas, yaitu tenaga pendidik yang terdidik serta mampu
menghadapi tantangan yang timbul seiring dengan perubahan yang terjadi di
segala bidang kehidupan manusia, khususnya dalam kehidupan era globalisasi.
Dalam kaitan dengan itu, pendidik disekolah memiliki peranan yang sangat
penting dan strategis dan memiliki faktor yang sangat menentukan dan menyiapkan
sumber daya manusia yang berkualitas.
Kompetensi adalah
spesifikasi dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta penerapan dari pengetahuan
dan keterampilan tersebut dalam suatu pekerjaan atau lintas industry, sesuai
dengan standar kinerja yang diisyaratkan. Konsep kompetensi difokuskan pada apa
yang diterapkan dari seorang pekerja ditempat kerja dan bukan dalam proses
belajar. Semua aspek pelaksanaan pekerjaan dan yang termasuk di dalamnya bukan
hanya tugas kecil dalam arti sempit (Direktoran Pembinaan SMK Depdikbud, 2008).
Pembelajaran
berbasis pada penekanan kompetensi dalam belajar adalah pembelajaran yang
dilakukan dengan orientasi pencapaian kompetensi peserta didik. Muara dari
pembelajaran tersebut adalah meningkatnya kompetensi peserta didik yang dapat
diukur pada pola sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Sumber: Hosnan, M. 2014. Pendekatan
Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia
Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar