Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah
satu sumber belajar yang dapat dikembangkan
oleh guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. LKS yang disusun dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan
kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang
akan dihadapi. LKS juga merupakan media pembelajaran, karena dapat digunakan secara bersama dengan sumber belajar atau
media pembelajaran yang lain. LKS menjadi
sumber belajar dan media pembelajaran tergantung pada kegiatan pembelajaran yang dirancang.
Lembar kerja yang telah disusun perlu
diukur kualitasnya agar dapat dipertanggungjawabkan
hasilnya. Untuk menyusun LKS yang baik perlu masukan/saran/pertimbangan
dari mereka yang berkompeten, misalnya teman sejawat, atau kelompok bidang bahkan bila memang diperlukan dapat
“dinilaikan” pada ahlinya, atau bahkan
pada konsumen (dalam hal ini guru dan siswa). Hasil penilaian dari masing-masing unsur penilai digunakan sebagai acuan untuk
memperbaiki LKS. Data hasil penilaian oleh konsumen
dapat dianalisis secara statistik sebagai dasar pengambilan
kesimpulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar