Kamis, 29 Desember 2016

Kualitas dalam Lembar Kerja Siswa



Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. LKS yang disusun dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi. LKS juga merupakan media pembelajaran, karena dapat digunakan secara bersama dengan sumber belajar atau media pembelajaran yang lain. LKS menjadi sumber belajar dan media pembelajaran tergantung pada kegiatan pembelajaran yang dirancang.
Lembar kerja yang telah disusun perlu diukur kualitasnya agar dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. Untuk menyusun LKS yang baik perlu masukan/saran/pertimbangan dari mereka yang berkompeten, misalnya teman sejawat, atau kelompok bidang bahkan bila memang diperlukan dapat “dinilaikan” pada ahlinya, atau bahkan pada konsumen (dalam hal ini guru dan siswa). Hasil penilaian dari masing-masing unsur penilai digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki LKS. Data hasil penilaian oleh konsumen dapat dianalisis secara statistik sebagai dasar pengambilan kesimpulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar