Kamis, 29 Desember 2016

Mengembangkan Pendekatan Pembelajaran yang Relevan



Pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat menentukan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam membentuk kompetensi inti dan kompetensi dasar. Oleh karena itu, disamping pendekatan pedagogi yang sudah dikenal dan biasa digunakan oleh para guru di sekolah, dalam pembentukan KI-KD yang menekankan pada skap spiritual dan sikap sosial perlu dikembangkan juga pendekatan andragogy, yang berbeda dengan pedagogi, terutama ddalam pandangannya terhadap oeserta didik.
            Meskipun andragogy merupakan ilmu yang ditujukan padda pembelajaran orang dewasa, namun dalam praktiknya tidak semata-mata diperuntukkan bagi kegiatan oendidikan yang melibatkan orang dewasa, melainkan dalam kegiatan pendidikan anak-anak pun sangat relevan untuk diterapkan, karena banyak prinsip andragogy yang layak diadaptasi dalam praktik pedagogi. Namun intensitas penerapan kedua konsep tersebut seiring sengan realita peserta didik, artinya pedagogi lebih dominan diterapkan pada pendidikan yang melibatkan anak-anak sebagai subyek didik, sedangkan andragogy lebih dominan pada pendidikan orang dewasa. Hal ini sangat memungkinkan karena pedagogi dan andragogy merupakan dua sisi kontinum dalam proses belajar manusia, bukan dua hal yang dikotomis.

Sumber: Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar