Student centered learning
adalah proses pembelajaran yang tadinya berfokus pada guru (teacher centered)
menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered), yang
diharapkan dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun
pengetahuan , sikap dan perilaku.
Dalam proses
pembelajaran ini, siswa dapat memperoleh kesempatan dan fasilitas untuk dapat
membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang
mendalam yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas siswa. Melalui
penerapan pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka siswa diharapkan dapat
berpartisipasi secara aktif, selalu ditantang untuk memiliki daya kritis, mampu
menganalisi dan dapat memecahkan masalahnya sendiri.
Model pembelajaran
ini menjadikan penrang pengajar sebaggai fasilitator, dalam hal ini pengajar
mampu untuk memberikan fasilitas dalam proses pembelajaran yang menjadikan
pengajar sebagai mitra atau pendamping bagi siswa dalam proses
pembelajarannya., artinya guru mampu untuk membantu siswa untuk menciptakan
rasa nyaman dalam proses pembelajaran , sehingga siswa memiliki keberanian
untuk mengungkapkan atau mendiskusikan perasaan dan keyakinannya yang pada
akhirnya proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai harapan.
Karakteristik dari
pembelajaran ini adalah lebih berfokus pada siswa, bukan lagi pada pengajar,
pendekatan pembelajarn ini diharapkan dapat lebih bebas dalam mengembangkan
kemampuan dan pengetahuannya, tidak bergantung kepada pnegajar, melainkan
kepada dirinya sendiri, sehingga siswa menjadi pribadi yang mandiri dan mampu
untuk bersaing dalam meraih kesuksesan.
Di dalam
pembelajaran ini, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan diantaranya : metode
diskusi, metode kontekstual, dan metode tematik. Selain beberapa metode, ada
juga model pembelajaran dari student centered learning yaitu : Small Group
Discussion, Role Play and Simulation, Discovery Learning, Self Directed
Learning, Cooperative Learning, Coolaboration Learning, Contextual Instruction,
Project Based Learning dan Problem Based Learning/Inquiry.
Daftar Pustaka
Hosnan, M. 2014. Pendekatan
Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia
Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar