Senin, 05 Desember 2016

Teknik Penerapan Strategi Pembelajaran Student Centered Learning



Student centered learning adalah proses pembelajaran yang tadinya berfokus pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered), yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan , sikap dan perilaku.
            Dalam proses pembelajaran ini, siswa dapat memperoleh kesempatan dan fasilitas untuk dapat membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas siswa. Melalui penerapan pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka siswa diharapkan dapat berpartisipasi secara aktif, selalu ditantang untuk memiliki daya kritis, mampu menganalisi dan dapat memecahkan masalahnya sendiri.
            Model pembelajaran ini menjadikan penrang pengajar sebaggai fasilitator, dalam hal ini pengajar mampu untuk memberikan fasilitas dalam proses pembelajaran yang menjadikan pengajar sebagai mitra atau pendamping bagi siswa dalam proses pembelajarannya., artinya guru mampu untuk membantu siswa untuk menciptakan rasa nyaman dalam proses pembelajaran , sehingga siswa memiliki keberanian untuk mengungkapkan atau mendiskusikan perasaan dan keyakinannya yang pada akhirnya proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai harapan.
            Karakteristik dari pembelajaran ini adalah lebih berfokus pada siswa, bukan lagi pada pengajar, pendekatan pembelajarn ini diharapkan dapat lebih bebas dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya, tidak bergantung kepada pnegajar, melainkan kepada dirinya sendiri, sehingga siswa menjadi pribadi yang mandiri dan mampu untuk bersaing dalam meraih kesuksesan.
            Di dalam pembelajaran ini, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan diantaranya : metode diskusi, metode kontekstual, dan metode tematik. Selain beberapa metode, ada juga model pembelajaran dari student centered learning yaitu : Small Group Discussion, Role Play and Simulation, Discovery Learning, Self Directed Learning, Cooperative Learning, Coolaboration Learning, Contextual Instruction, Project Based Learning dan Problem Based Learning/Inquiry.

Daftar Pustaka
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar