Kamis, 29 Desember 2016

Memahami dan Mengembangkan Pribadi Peserta Didik



Hakikat pembelajaran adalah untuk mengembangkan pribadi peserta didik secara optimal sesuai dengan bawaannya masing-masing (hereditas). Untuk kepentingan tersebut sudah sewajarnyalah setiap guru memahami pribadi peserta didiknya. Pemahaman terhadap pribadi peserta didik, sangat membantu guru dalam membangun sikap spiritual dan sikap sosial dengan mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang kreatif. Oleh karena itu, meskipun dalam kelas setiap peserta didik memiliki pribadi yang berbeda satu sama lainnya, tetapi secara umum ada beberapa hal bahkan sebagian besar sama. Misalnya, peserta didik SMP pada umumnya memiliki kepribadian yang masih labil, mudah dipengaruhi oleh lingkungannya, mudah tersinggung, dan sulit diatur, termasuk tidak mau disuruh ini itu, dan sebagainya, yang bisa dipelajari dalam psikologi perkembangan. Pemahaman terhadap karakteristik umum tersebut mendorong guru untuk mengembangkan strategi pembbelajaran yang tepat, efektif dan menyenangkan. Misanya dengan menyediakan pilihan tugas yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan minatnya, tidak terlalu banyak menggunnakan metode ceramah, serta mengurangi pekerjaan rumah yang tidak jelas tujuannya. Ini penting, terutama dalam menumbuhkan kepedulian dan komitmen guru dalam mengabdikan dirinya untuk menyiapan generasi bangsa yang berkualitas dan menyiapkan pribadi-pribadi yang berkarakter.

Sumber: Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar